E-Commerce
Seiring dengan
perkembangan zaman yang semakin modern, kini kita pun dapat membeli barang
tanpa harus bertatap muka dengan sang penjual. Ya. Melalui e-commerce,
situs-situs jual beli online. Kita dapat membeli barang-barang yang kita
inginkan tanpa harus kita pergi ke tempat penjual.
Secara umum,
electronic commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan/perniagaan barang atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer, salah satunya adalah Internet.
Tujuan dari
e-commerce:
·
Orang
yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses
internet dan interfacenya menggunakan web browser.
·
Membangun
konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi
(release, product review, konsultasi, dll).
·
Pengelolaan
yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan
virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan
komunikatif
Kelebihan dan kekurangan dari E-commerce:
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1.
Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
Meningkatkan
pangsa pasar
2.
Melebarkan jangkauan pemasaran
3. Mengurangi
penggunaan waktu, meningkatkan produktivitas
4. Meningkatkan
layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
5. Fleksibilitas,
pembeli dapat berbelanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu
6. Aliran
pendapatan yang menjanjikan
|
1.
Membutuhkan keahlian komputer
2.
Biaya untuk akses internet
3.
Resiko kebocoran data personal
4.
Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan)
5.
Kerugian finansial karena penipuan
6.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
|
0 komentar:
Posting Komentar