Minggu, 08 Desember 2013

E-commerce




E-Commerce

            Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kini kita pun dapat membeli barang tanpa harus bertatap muka dengan sang penjual. Ya. Melalui e-commerce, situs-situs jual beli online. Kita dapat membeli barang-barang yang kita inginkan tanpa harus kita pergi ke tempat penjual.
            Secara umum, electronic commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer, salah satunya adalah Internet.
            Tujuan dari e-commerce:
·         Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interfacenya menggunakan web browser.
·         Membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, dll).
·         Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
Kelebihan dan kekurangan dari E-commerce:
Kelebihan
Kekurangan
1. Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
Meningkatkan pangsa pasar
2. Melebarkan jangkauan pemasaran
3. Mengurangi penggunaan waktu, meningkatkan produktivitas
4. Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
5. Fleksibilitas, pembeli dapat berbelanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu
6. Aliran pendapatan yang menjanjikan
1. Membutuhkan keahlian komputer
2. Biaya untuk akses internet
3. Resiko kebocoran data personal
4. Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan)
5. Kerugian finansial karena penipuan
6. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan

0 komentar:

Posting Komentar